24.8.08

Satu Laptop untuk Tiap Siswa di Niue

Program Satu Laptop Per Anak (One Laptop Per Child - OLPC) berhasil dilaksanakan 100% di Niue, sebuah negara kecil di kepulauan Pasifik. Setiap siswa mendapat satu laptop.

Sejumlah 500 laptop sudah dibagikan minggu lalu kepada siswa sekolah dasar dan menengah. Sebanyak 4500 lagi sudah disiapkan untuk negeri lain di wilayah Pasifik itu.

Laptop yang kokoh dan tahan air ini dirancang sebagai perangkat murah bagi anak-anak di negara berkembang untuk mengakses komputer dan internet.

Peristiwa ini bukan yang pertama bagi Niue untuk menjadi yang terdepan dalam hal penerapan teknologi. Pada tahun 2003, Niue menjadi negeri pertama yang menyediakan internet wireless gratis bagi seluruh penduduknya.

Di samping untuk menelusur web secara wireless, laptop ini dapat digunakan berkomunikasi di antara para siswa dalam radius satu kilometer tanpa harus online.

Direktur Jendral Sekretariat Masyarakat Pasifik, Jimmie Rodgers sebagaimana dikutip AFP menyatakan bahwa laptop tersebut "mempunyai potensi untuk membuat revolusi yang luar biasa di bidang pendidikan".

Berawal dari pengembangan oleh Laboratorium Media milik Massachusetts Institute of Technology, proyek laptop murah ini tumbuh dan mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan besar seperti Google.

Berita disadur dari: BBC

Tidak ada komentar: