6.7.08

Anak Indonesiapun bisa membuat robot

Tahukah Anda bahwa robot bisa menyelesaikan permainan Rubic Cube hanya dengan waktu semenit! Robot memang terkenal sebagai benda yang dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan perintah. Namun siapa sangka, jika robot pintar ini ternyata merupakan buah pikir anak bangsa.

Robot tersebut merupakan karya Yosef dan Danis, murid sekolah menengah pertama yang gemar membuat robot dalam satu tahun terakhir. Robot yang mereka buat pernah mendapat penghargaan dalam ajang olimpiade robot sedunia di Taipei, Cina, setahun yang lalu.

Selain itu, karya mereka juga sering diikut sertakan dalam kontes Indonesian Robotic Olympiade di Senayan City, Jakarta. Bila robot tersebut lolos dalam setiap ujian, peserta bisa dipastikan dapat mengikuti olimpiade robotic internasional di Yokohama, Jepang, dalam waktu dekat.

Kenyataan bahwa anak sekolah mampu membuat robot, telah menghapus anggapan bahwa hal itu adalah pekerjaan yang sulit. Keberhasilan mereka dalam membuat robot tak lepas dari dasar ilmu yang mereka dapatkan di sekolah. Dalam hal, ini mengenai perangkat keras seperti bahan struktur yang bisa dipelajari cara penggunaannya melalui perangkat lunak di komputer. Dengan dasar ilmu tersebut, maka siapapun bisa mengoperasikan robot hasil karya sendiri.

dicomot dari: Robot Pintar Buah Pikiran Anak Bangsa

Tidak ada komentar: