6.7.08

Sekilas kernel Linux (2): Garis besar

(Bagian 2 dari 4 artikel - ke artikel utama - bagian 3)

Secara garis besar, sistem operasi GNU/Linux dapat dibagi menjadi dua tingkatan, seperti terlihat pada gambar berikut.

Publish Post

Gambar. Arsitektur dasar sistem operasi GNU/Linux

Tingkat pertama adalah wilayah user atau wilayah aplikasi. Di sini aplikasi user dijalankan. Tingkat berikutnya adalah wilayah kernel. Di sini terletak kernel Linux.


Cara memanggil system call interface (SCI)
Dalam prakteknya, arsitektur Linux tidak setegas seperti pada gambar. Misalnya, transisi antara wilayah user dan kernel berbeda-beda tergantung arsitektur. Prosesor x86 yang baru dengan dukungan virtualisasi lebih efisien dalam proses transisi dibanding prosesor x86 lama yang menggunakan perintah INT 80h.
Ada juga yang disebut GNU C Library (glibc), yaitu kumpulan perintah/fungsi yang ditulis dengan bahasa C. Librari ini merupakan antarmuka untuk memanggil sistem (system call interface, SCI) yang melakukan hubungan dengan kernel dan menyediakan mekanisme transisi antara wilayah user dengan kernel. Fungsi terakhir tadi sangat penting karena kernel dan aplikasi user menempati ruang memori yang berbeda dan terproteksi. Perlu diketahui bahwa setiap proses di wilayah user menempati ruang memori virtual masing-masing sedangkan kernel menempati satu ruang memori tertentu.

Kernel dapat dibagi-bagi lagi menjadi tiga tingkat utama. Tingkat paling atas adalah system call interface, yang menjalankan fungsi-fungsi dasar seperti read dan write (proses tulis baca berkas). Tingkatan di bawahnya adalah kode kernel, atau lebih tepatnya adalah kode kernel yang tidak tergantung arsitektur (architecture-independent kernel code). Kode ini sama untuk semua prosesor yang disupport oleh Linux. Tingkatan paling bawah adalah kode kernel yang tergantung arsitektur (architecture-dependent). Kode-kode pada tingkatan ini merupakan paket pendukung hardware (Board Support Package, BSP) yang menyediakan kode yang terkait dengan prosesor atau platform hardware.

Tidak ada komentar: