3.7.08

Sepuluh tips memakai Linux secara aman

Linux sebenarnya mempunyai faktor keamanan yang jauh lebih baik dari yang lain. Untuk memperoleh keamanan maksimal, sebenarnya tidak terlalu sulit. Tips berikut ini merupakan hal-hal sederhana yang mungkin tidak terpikir sebelumnya.

1. Sebelum meninggalkan komputer, lakukan screen lock atau log out

Kadang orang lupa atau tidak sadar bahwa Linux merupakan sistem multi-user. Jika anda akan meninggalkan komputer dalam waktu lama, anda bisa logout sehingga orang lain bisa login dan menggunakan komputer tersebut secara aman, artinya data dan pekerjaan anda tidak terusik. Tapi jika anda hanya pergi sebentar dan akan kembali bekerja dengan program yang sama, kunci layar agar anda bisa bekerja lagi dengan kondisi komputer seperti ketika anda meninggalkannya.

2. Buat berkas anda menjadi "hidden"

Dalam dunia Linux, berkas dan direktori akan tersembunyi (hidden) dengan menambah tanda "." sebelum nama berkas. Misalnya, berkas 'coba' dapat tampil pada browser, tapi berka '.coba' tidak tampil. Tidak banyak yang tahu bahwa menggunakan perintah 'ls -a' akan menyebabkan semua berkas ditampilkan. Mengganti nama berkas supaya hidden sangatlah mudah. Contoh: 'mv coba .coba'.

3. Gunakan password yang "kuat"

Password adalah kunci emas. Jika anda memberitahukan password, atau menggunakan password yang lemah (=mudah ditebak), kunci emas tadi bisa jatuh ke tangan siapa saja termasuk orang jahat. Kalau anda memakai distro semacam Ubuntu, kunci emas tadi bisa digunakan membuka lebih banyak pintu di banding kalau anda menggunakan distro semacam Fedora. Jadi gunakan password yang kuat (=sulit ditebak orang lain).

4. Hindari aplikasi "file sharing"

Aplikasi file sharing memungkinkan semua orang: anda, teman di kantor, pengacara anda, polisi, atau penjahat di luar kantor untuk mengakses data anda. Jadi harus berhati-hati, dan jika tidak diperlukan tidak usah diinstal.

5. Update komputer secara teratur

Update security sangat penting. Update aplikasi jika anda juga perlu.

6. Menginstal anti virus ada baiknya juga

Memang kemungkinan Linux terkena virus sangatlah kecil. Tapi email yang diforward ke komputer Windows bisa mendatangkan masalah.

7. SE Linux

SE Linux adalah paket aplikasi dengan faktor keamanan yang diperkuat. SE Linux dibuat oleh Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat. Jika anda menginstal Fedora, ada opsi untuk menggunakan paket SE Linux.

8. Membuat direktori /home pada partisi sendiri

Kebanyakan instalasi standar linux meletakkan direktori /home di direktori root. Tapi anda bisa setting agar /home diinstal pada partisi tersendiri. Atau jika anda bisa memigrasikan /home dari root ke partisi tersendiri. Meletakkan /home pada partisi terpisah mempunyai keuntungan bahwa anda bisa upgrade sistem anda tanpa mengusik data, atau seandainya sistem karena suatu hal rusak, maka data anda akan selamat.

9. Menggunakan desktop yang tidak standar

Gunakan desktop alternatif: Enlightenment, Blackbox, Fluxbox, dll. Tampaknya aneh. Tapi dengan cara ini orang lain yang tidak terbiasa tidak akan bisa berbuat banyak. Tentu saja cara ini manjur jika anda tahu apa yang anda lakukan.

10. Menyetop service

PC anda bukan server kan? Jadi tidak perlu menjalankan service seperti httpd, ftpd dan sshd.

Tidak ada komentar: